Education for Sustainable Education
(Pendidikan untuk Perkembangan Berkelanjutan)
Terlebih dahulu kita bahas pengertian dari keberlanjutan. Ini berarti tidak berhenti, tidak terputus, sambung menyambung, dll. Sedangkan pembangunan berarti membuat atau merubah sesuatu agar dapat dimanfaatkan dengan baik? Lalu bagaimana hubungan ESD dengan PLH? Tentu saja ada, tadi kita berbicara tentang pengertian pembangunan berkelanjutan. Itu berarti alam ini tidak boleh terputus, kita harus tetap merubahnya menjadi tempat lebih baik. Ini hanya dapat terjadi jika kita menjaga keseimbangan antara sistem ekonomi, sistem alam, dan sistem sosial.
Konsep dinamis yang mencakup visi baru pendidikan dengan proses belajar berdasarkan cita-cita dan prinsip yang berkelanjutan hingga mendorong orang mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Hal ini bertujuan agar kita dapat berpartisipatif, bertindak di lingkungan positif, dan pendekatan berorientasi aksi. Ini berarti kita sebagai murid sudah harus aktif, dan guru juga harus mengurangi porsinya. Jadi pada intinya pelajar dan guru dalam keadaan yang sama sehingga tercipta partisipasi yang aktif.
Tekanan utama dari ESD adalah :
1. Promosi dan peningkatan pendidikan dasar: Akses ke pendidikan dasar masih menjadi masalah bagi banyak orang – khususnya anak-anak perempuan dan buta huruf orang dewasa. Hanya meningkatkan melek huruf dan menghitung dasar, karena selama ini diajarkan, tidak akan secara signifikan kemajuan masyarakat berkelanjutan. Sebaliknya, pendidikan dasar harus berfokus pada menanamkan pengetahuan, keterampilan, perspektif, dan nilai-nilai yang mendorong dan mendukung warga negara untuk memimpin kehidupan berkelanjutan.
2. Mengarahkan kembali pendidikan yang ada di semua tingkatan untuk menangani pembangunan berkelanjutan: Rethinking dan merevisi pendidikan dari taman kanak-kanak hingga universitas untuk memasukkan lebih banyak prinsip-prinsip, keterampilan, perspektif dan nilai-nilai yang berkaitan dengan kesinambungan dalam masing-masing dari tiga alam – sosial, lingkungan, dan ekonomi – adalah penting untuk kami saat ini dan masa depan masyarakat.
3. Mengembangkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang keberlanjutan: Membuat kemajuan menuju masyarakat yang lebih berkelanjutan memerlukan suatu populasi yang menyadari tujuan dari masyarakat yang berkelanjutan dan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan kontribusi terhadap tujuan tersebut. Informasi pemungutan suara rakyat dan berpengetahuan konsumen dapat membantu masyarakat dan pemerintah memberlakukan tindakan keberlanjutan dan bergerak ke arah masyarakat yang lebih berkelanjutan.
4. Pelatihan: Semua sektor tenaga kerja dapat berkontribusi untuk lokal, regional dan nasional yang berkelanjutan. Pengembangan program-program pelatihan khusus untuk memastikan bahwa semua sektor tenaga kerja memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka secara berkelanjutan telah diidentifikasi sebagai komponen penting ESD.
Namun ESD ini berbeda dengan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam pembangunan berkelanjutan kita hanya berupaya untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan generasi ke depan. Sedangkan ESD berfungsi agar kita mempersiapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan kita agar lebih berkelanjutan.
Karakteristik dari ESD adalah :